dibalik pembantaian PKI 1965

Kesalahpahaman
Sejarah

Pembantaian tahun 1965 telah menjadi teka-teki terbesar dalam sejarah Indonesia. Anggota komunis dan partisan mereka diburu dan dibunuh gruesomely oleh sesama Indonesia dengan dukungan dari militer. Pembunuhan terjadi setelah gagal upaya kudeta dilakukan oleh sejumlah perwira militer dan beberapa anggota Partai Komunis. Sejalan dengan ini, transisi kekuasaan juga terjadi. Soekarno, yang memerintah di negara selama lebih dari dua puluh tahun, digantikan oleh Suharto , seorang jenderal militer yang kemudian menuju Indonesia selama lebih dari tiga puluh tahun.

Account Resmi

Selama periode Soeharto, kisah-kisah pembantaian tampaknya dilupakan. sejarah resmi hanya menyoroti aksi heroik dari tentara Indonesia yang berhasil dilumatkan komunisme di Indonesia. Kebenaran ini dibangun diabadikan lebih lanjut melalui enactments di berbagai museum, film dan buku pelajaran sejarah.

Lebih buruk dari itu adalah representasi Orde Baru itu peristiwa berdarah melihatnya sebagai hanya konflik horizontal antara massa PKI dan saingan pahit mereka. Setiap interpretasi alternatif adalah laknat di Indonesia selama rezim Soeharto. Penjara dan sanksi lain akan konsekuensi untuk bertarung versi Orde Baru sejarah. Buku yang ditulis oleh ulama dilarang dan penulis ditolak untuk memasuki negara tersebut.

Penelitian

Meskipun masalah ini, beberapa cendekiawan berhasil melakukan penelitian tentang apa yang terjadi pada tahun 1965 termasuk Hermawan Sulistyo, Iwan Sudjatmiko, Clifford Geertz, Geoffrey Robinson, Harold Crouch, dan John Roosa. Tidak semua ulama setuju dengan ide bahwa pembunuhan adalah kekerasan yang disponsori negara.

Konflik Horisontal-Spontan

Sulistyo, Sudjatmiko dan Geertz adalah pendukung "teori horisontal". Tampaknya tidak ada perbedaan antara kesimpulan mereka dan versi resmi dirilis oleh pemerintah Indonesia. Tentara Information Centre (PUSPENAD), yang meluncurkan laporannya setahun setelah kudeta berlangsung, menyarankan bahwa kemarahan massa tidak bisa dikendalikan. [1] Demikian pula, dua puluh tahun kemudian, Sekretaris Negara Indonesia menggunakan istilah, "massa spontan tindakan terhadap PKI "untuk menggambarkan keganasan acara. [2]

Militer-Negara Kekerasan Sponsored

Suatu pandangan yang berbeda dikemukakan oleh sejarawan lain, Hilmar Farid, yang menyarankan bahwa tugas untuk bertarung pandangan ini tidak terlalu intelektual menantang, karena bukti terang-terangan dapat mengungkapkan keterlibatan aparatur negara. [3]

Peran Militer Awal

Ada faktor penting yang harus diperhitungkan, jika kita ingin melihat peran militer dalam pembunuhan. Pertama,'s langsung aksi militer untuk mengontrol media dengan menutup semua media kecuali Angkatan Bersenjata dan Berita Yudha, yang dimiliki oleh Angkatan Darat. [4] Dengan penutupan media, ini memungkinkan mereka untuk menciptakan ketakutan melalui propaganda dan kisah palsu tentang PKI sebagai biang kerok utama dalam pembunuhan tujuh jenderal menyebar dengan mudah.

Selain itu, publikasi militer juga melaporkan bahwa operasi militer untuk membersihkan komunisme di wilayah luar Indonesia telah berhasil merebut senjata api, granat dan dokumen yang mengungkapkan rencana kudeta. Hal ini jelas akan membuat orang di bawah kesan bahwa PKI sudah siap untuk memulai kudeta.

Kedua, Suharto diangkat ke kepala Komandan Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkokamtib) dan memulai kampanye yang efektif terhadap PKI. Dalam hubungannya dengan kampanye militer, KAP Gestapu (Front Aksi untuk Hancurkan ketiga puluh sembilan September Gerakan) dibentuk oleh aliansi organisasi anti-Komunis dan mantra kampanye secara keseluruhan dan obyektif adalah

"Menghancurkan PKI ke akar-akarnya."

Rahasia Kabel pesan

Ada juga laporan bahwa militer terlibat dalam pelatihan organisasi pemuda. Menurut kabel dikirim oleh kedutaan AS di Jakarta untuk Departemen Luar Negeri pada bulan November 1965, Tentara Indonesia akan mencoba untuk menghindari konfrontasi langsung dengan PKI.

Di Jawa Tengah, Angkatan Darat (RPKAD) adalah pelatihan Pemuda Muslim [mungkin baik Banser atau HMI] dan memasok mereka dengan senjata dan akan menjaga mereka di depan terhadap PKI. Tentara akan mencoba untuk menghindari sebanyak itu aman dapat melakukannya, konfrontasi langsung dengan PKI "| adalah membiarkan kelompok lain selain Angkatan Darat mendiskreditkan mereka [PKI] dan permintaan mereka. Hukuman Angkatan Darat [5]

Setelah mengatakan ini, dapat dikatakan bahwa pelatihan ini terkait erat dengan program kampanye dan strategi menghindari konfrontasi langsung dengan PKI.

Bali

Dukungan dari militer sangat penting karena di beberapa daerah jumlah anggota PKI dan lawan-lawannya tampaknya sejajar. Misalnya, pembunuhan di Bali tidak terjadi sampai pertengahan Desember 1965. Meskipun ketegangan antara dua faksi dominan di Bali, PNI dan PKI, hal itu tidak berujung pada pertumpahan darah. Dengan kedatangan pasukan dari Jakarta, kamp anti-komunis memegang kekuasaan lebih. [6]

Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, penangkapan dan pembunuhan terjadi tidak lama setelah kedatangan RPKAD (Pasukan Khusus Indonesia) dipimpin oleh Sarwo Edhie Wibowo. Pasukan tiba di Semarang pada tanggal 18 Oktober 1965 dan kemudian menyebar ke kota-kota lain. Seorang saksi, Suparno, mengingat apa yang terjadi sebelum ia dituduh merencanakan untuk menggulingkan kepala daerah dan ditangkap dan dipenjara selama beberapa dekade. Dia ingat bahwa pasukan berparade dalam bukunya kota Pati, sebelum berhenti di balai kota dan menyampaikan pidato pada apa yang telah terjadi di Jakarta. Operasi kemudian dilakukan di hari berikutnya. [7] Dengan dukungan dari milisi sipil, operasi dilakukan dengan mudah. Disediakan truk-truk militer dan milisi membantu dengan informasi atau bahkan mengambil bagian dalam pembunuhan.

Sungai Darah

Sebanyak mungkin telah mendengar warna Sungai Brantas di Jawa Timur, beralih ke merah selama bulan mengerikan. Sungai itu mungkin "favorit" tempat bagi pembunuh untuk membuang mayat. Alasannya mungkin praktis seperti saat ini akan mengambil badan pergi. Namun, benda terapung di sungai mungkin berisi pesan yang kuat bagi Indonesia. Seolah-olah mereka suka mengatakan melalui sungai:

komunis harus berakhir seperti ini!

Associate Organisasi

Yang perlu diperhatikan, tidak semua korban benar-benar komunis. Bahkan Gerwani dan serikat buruh tidak resmi bagian dari Partai Komunis. Organisasi-organisasi ini bekerja sama dengan PKI pada beberapa kesempatan, tidak seperti Pemuda Rakyat, yang secara resmi sayap pemuda partai.

Salah satu yang selamat mengaku bahwa dia adalah seorang anggota dari sebuah partai Islam, Masyumi, tapi ditangkap. [8] Ini adalah kecaman balik ini tuduhan palsu.

orang Cina di antara korban tetapi mereka tidak berarti mayoritas.

Hukuman penjara

Nasib korban dalam penjara tidak lebih baik dari mereka yang dieksekusi. Penyiksaan dan pembunuhan bisa terjadi bahkan di penjara. Beberapa penafsir menyarankan bahwa jumlah tahanan turun di beberapa daerah. Zakaria, seorang pemimpin organisasi pemuda, yang melakukan interogasi terhadap tahanan di Lombok, mengakui bahwa setelah Agustus 1966, jumlah tahanan komunis telah menurun. [9]

Di Kediri, metode serupa juga terjadi pembunuhan, meskipun dengan nama yang berbeda Operasi Teratur atau Diselenggarakan Operasi, dan menghasilkan lebih banyak korban. [10]

Untuk tahanan perempuan, selain menyiksa, mereka juga tunduk pada pelecehan seksual. Nona, seorang wanita yang ditahan, dipaksa untuk melakukan hubungan seks dengan perwira militer dan kemudian menjadi hamil dan melahirkan bayi di kamp. [11]

Selama tiga dekade horor ini tetap tak terhitung. Namun setelah jatuhnya Suharto, banyak cerita pembantaian mulai muncul. Korban yang dibebaskan dari penjara menulis memoir mereka memberikan laporan mereka pada saat penting dalam sejarah Indonesia.

Masa Depan

Diskusi tentang apa yang terjadi pada 1965 masih berpusat pada dalang dari kudeta, namun. Perangkap ini perhatian-atas pada otak dapat menyebabkan asumsi pembunuhan sebagai dipisahkan dari berdirinya Orde Baru. Seperti Robert Cribb meratap dalam artikelnya, pertanyaan terbesar yang belum terpecahkan tidak

"Cerita detektif"

Komentar

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal-Usul Desa Ngrayun

Proposal Pelatihan Kader Dasar PK.PMII Sunan Giri Ponorogo 2011

Neptu dino lan pasaran